PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI Q.S AL-MAUN

Siti Aisah

Abstract


Realita yang terjadi dalam dunia pendidikan guru masih menggunakan model klasikal dengan metode ceramah, siswa hanya sebagai pendengar sehingga hal ini akan membuat peserta didik jenuh, hal ini menjadikan metode ceramah tidak efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Ada beberapa model pembelajaran yang menjadikan siswa aktif dalam proses belajar mengajar, diantaranya adalah model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran problem based learning. Guru menyampaikan tujuan, pokok-pokok pembelajaran, melaksanakan diskusi kelompok, mengerjakan LKPD, memberikan motivasi belajar pada mata pelajaran PAIBP di kelas V. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan dimulai dengan tahapan  perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan model pembelajaran problem based learning observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan, wawancara dan dokumentasi, Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil aktivitas belajar peserta didik pada siklus 1 dan siklus 2 dengan teknik deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran mata pelajaran PAIBP kelas V mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan dari: (1) aktivitas siswa diperoleh informasi bahwa adanya peningkatan dalam aktivitas mengamati  dari skor 73,3 dengan kategori kurang aktif menjadi 86,6 sudah aktif , aktivitas berbicara  dari skor  70 dengan kategori  kurang aktif menjadi 86,3 sudah aktif,  aktivitas mendengarkan  dari skor 75,5 dengan kategori kurang aktif  menjadi skor 88 sudah aktif , aktivitas menulis  dari skor  73 dengan kategori belum aktif  menjadi 85 sudah aktif, aktivitas motorik dari skor 71,5 dengan kategori belum aktif menjadi skor  85,5 sudah aktif,   Aktivitas mental dari skor 71,6 dengan kategori belum aktif menjadi 85,3 sudah aktif  dan aktivitas emosional dari skor  71 belum aktif menjadi 86 sudah aktif  (2) Peningkatan hasil aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 13,86  yaitu dari rata rata 72,24 dengan kategori belum aktif meningkat sekornya menjadi 86,1 dengan kategori sudah aktif.

Full Text:

PDF

References


Destianingsih, E., & Ismet, I. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Tanjung Lubuk.

Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 15-21–21. Dewi, N., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori

dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. September. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6

Mardiah, E., Hamdani, A., & Komaro, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk. Journal of Mechanical Engineering

Education, 3(1), 52. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3193 Masalah, P., Motivasi, D. A. N., & Peserta, B. (2018). Peranan problem based learning (pbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar peserta didik. 2, 912–917.

Moutinho, S., Torres, J., Fernandes, I., & Vasconcelos, C. (2015). Problem-Based Learning And Nature of Science: A Study With Science Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 1871–

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540

Negeri, S. M. K., Tahun, B., & Syahputra, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Gedung Pada Siswa Kelas X Teknik Konstruksi Batu dan Beton. 1, 114–118.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pendidikan, S., Mesin, T., Teknik, F., Surabaya, U. N., Mesin, J. T., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2017).Penerapan Model Based Learning Dalam Proses Pembelajaran Standar Kompetensi Mengukur dengan Alat Ukur Mekanik Presisi di Kelas X SMK Negeri Kudu Jombang Muharyono Hari Sayogo Yunus. 05, 84–90.

Rerung, N., Sinon, I. L. ., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597

Sam, H. N., & Qohar, A. (2016). Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah - Langkah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 156. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.5188

B. Uno, .Hamzah, Prof. Dr M.Pd dan Muhamad, Nurdin, S.Pd. M.Si. 2011. Belajar Dengan Pendekatan Pailkem (Jakaarta, Bumi Aksara).

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan terjemahannya.

Eko Siswono, Tatang Yuli, 2009. Mengajar dan Meneliti, Surabaya: Unise University Press.

Faisal, Sanapiyah Dan Guntur Waseso, Mulyadi, 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 204).

Syamsidah, Dr. M.Pd. dan. Hamidah Suryani, Dr. M.Pd. 2018. Buku Model PBL Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Deepublish (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA) Anggota IKAPI (076/DIY/2012).

Ramdani, Emi, and Marzuki Marzuki. "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Sikap Religius Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan." Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 4.1 (2019): 37-47.

Sulaeman, Erwin, and Ismah Ismah. "Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui strategi problem based learning pada kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 29 Sawangan Depok." FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 2.1 (2016): 31-43.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.