PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV DI MI AL KHAIRIYAH SERIRIT
Abstract
Proses pembelajaran memiliki keunikan tersendiri. Siswa yang menjadi bagian dari system pembelajaran tidak hanya berperan sebagai byek pendidikan, melainkan berperan juga sebagai subyek pendidikan. Perlakuan terhadap siswa ini yang menajdikan mereka bisa lebih mandiri dalam belajar, lebih aktif dan lebih punya kreatifitas dalam mengembangkan materi yang disampaikan guru.
Permasalah yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan ini adalah : (a) Apakah pembelajaran methode artikulasi berpegnaruh terhadap hasil belsjar siswa dalam mata pelajaran SKI? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi peljaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan diterapkannya methode Artikulasi pada siswa?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran methode artikulasi terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran SKI. (b) Ingin mengetahui seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan diterapkannya methode Artikulasi pada siswa. Penelitian in menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: Rancangan kegiatan dan pegnamatan refleksi, an revisi. Sasaran penelitan ini adlaah siswa kelas IV Data yang diperoleh berupa hasil tes fomatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalamai peningkatan dari siklus 1 sampai siklus 3 yaitu siklus 1 (62.5 %), siklus 2 (70.83%) dan siklus 3 (87.5%). Hasil penelitian adalah pembelajaran model artikulasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
Agustini, Ni Luh Eni, dkk. 2014.Pengaruh model pembelajaran artikulasi berbantuan media kartu gambar untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak TK. (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.2 No.1).
Aminah, Siti. 2016. Penerapan model pembelajaran concept sentence dengan media Flash card kabapusiuntuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa sekolah dasar. (Jurnal Didaktika Dwija Indria)
Aminuddin. 1995. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo. (contoh)
Aqib, Zainal. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru, SMP, SMA,SMK. Bandung: CV. Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi.2015.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsismi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Djamarah, Syaiful. B dan Zain Aswan. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Handono, Suryo, dkk. 2016. Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar:
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva bPress.
Jamaris Martini. 2015. Kesulitan Belajar: Persepektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia
Kanzannudin Muhammah. 2013. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Rembang: Yayasan Adhigama.
Kemendikbud. 2006. KTSP. Jakarta: Depdiknas
Kusumawati, Fetri. 2016. Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi dengan Menggunakan Teknik Pemodelan pada Siswa Kelas III SD Negeri Mendungan 1 Kota Yogyakarta. (Jurnal Pendidikan ke-SD-an, Vol. No.1)
Panduan Guru dan Calon Guru. Semarang: Balai Bahasa Jawa Tengah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.