PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV DI MI AL KHAIRIYAH SERIRIT

Imam Fakhrurrazy

Abstract


Proses pembelajaran memiliki keunikan tersendiri. Siswa yang  menjadi  bagian dari system pembelajaran tidak hanya berperan sebagai byek pendidikan, melainkan berperan juga sebagai subyek pendidikan. Perlakuan terhadap siswa ini yang menajdikan mereka bisa lebih mandiri dalam belajar, lebih aktif dan lebih punya kreatifitas dalam mengembangkan materi yang disampaikan guru.

Permasalah yang ingin dikaji dalam  penelitian tindakan ini adalah : (a) Apakah pembelajaran methode artikulasi berpegnaruh terhadap hasil belsjar siswa dalam mata pelajaran SKI? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi peljaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan  diterapkannya methode Artikulasi  pada siswa? 

Sedangkan tujuan  dari penelitian ini adalah : (a) Untuk mengetahui pengaruh  pembelajaran methode artikulasi terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran SKI. (b) Ingin mengetahui seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan  diterapkannya methode Artikulasi  pada siswa. Penelitian in menggunakan  penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus  terdiri dari empat tahap yaitu: Rancangan kegiatan dan pegnamatan refleksi, an revisi. Sasaran penelitan  ini adlaah siswa kelas IV  Data yang diperoleh  berupa hasil tes fomatif, lembar observasi kegiatan  belajar mengajar.  Dari hasil  analisis didapatkan  bahwa prestasi  belajar siswa  mengalamai  peningkatan  dari siklus 1 sampai siklus 3 yaitu siklus 1 (62.5 %), siklus 2 (70.83%) dan siklus 3 (87.5%). Hasil penelitian adalah  pembelajaran  model artikulasi  dapat berpengaruh  positif terhadap  motivasi belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Agustini, Ni Luh Eni, dkk. 2014.“Pengaruh model pembelajaran artikulasi berbantuan media kartu gambar untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak TK”. (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.2 No.1).

Aminah, Siti. 2016. “Penerapan model pembelajaran concept sentence dengan media Flash card kabapusiuntuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa sekolah dasar”. (Jurnal Didaktika Dwija Indria)

Aminuddin. 1995. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo. (contoh)

Aqib, Zainal. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru, SMP, SMA,SMK. Bandung: CV. Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi.2015.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsismi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Djamarah, Syaiful. B dan Zain Aswan. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Handono, Suryo, dkk. 2016. Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar:

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva bPress.

Jamaris Martini. 2015. Kesulitan Belajar: Persepektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia

Kanzannudin Muhammah. 2013. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Rembang: Yayasan Adhigama.

Kemendikbud. 2006. KTSP. Jakarta: Depdiknas

Kusumawati, Fetri. 2016. Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi dengan Menggunakan Teknik Pemodelan pada Siswa Kelas III SD Negeri Mendungan 1 Kota Yogyakarta. (Jurnal Pendidikan ke-SD-an, Vol. No.1)

Panduan Guru dan Calon Guru. Semarang: Balai Bahasa Jawa Tengah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.