MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL TEMPATIBADAH MELALUI MEDIA PUZZLE PADA TAMAN KANAK-KANAK AL-ATHFAL

Helda Helda

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya Kemampuan anak dalam mengenal Tempat Ibadah di TKAl-Athfal. Hal ini disebabkan karena masih banyak anak didik yang belum mampu mengenal Tempat Ibadah, Apa bila anak diminta untuk menyebutkan Tempat Ibadah tidak mampu, kemampuan anak masih sangat rendah dan anak belum berkembang sesuai indikator yang ada pada kurikulum . Penelitian ini bertujuan untuk melihat          peningkatan    kemampuan    anak            dalam  mengenal        Tempat            Ibadahyaitu: 1)kemampuan mengenal Tempat Ibadah, penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK), yang menitik beratkan pada media pembelajaran dan menekankan pada metode bermain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal Tempat Ibadah melalu imedia puzzle meningkat dengansangat baik. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan yang sangat baik pada kemampuan anak mengenal Tempat Ibadah pada anak usia dini melalui permainan media puzzle Adapun hasinya yaitu : Aktivitas guru pada siklus 1 dengan hasil 75% meningkat 81,25% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Pada aktivitas siswa siklus 1 dengan hasil 68% meningkat 93% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Pada hasil belajar siswa pada siklus 1 dengan hasil 66,7% meningkat 83,33% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa peningkatan mengenal Tempat Ibadah bagi anak dapat dilakukan melalui permaianan media puzzle karena media ini sangat menyenangkan bagi anak PAUD.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.