MENGEMBANGKAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DI TK TARBIYATUL FURQAN

Ratmida Hidayati

Abstract


Masalah utama dalam penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B TK Tarbiyatul Furqan yang berjumlah 12 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama dan siklus kedua setelah diberi tindakan mengalami peningkatan, dari data yang diperoleh sebanyak 4 orang peserta didik sudah berada dikriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan persentase 33,3 % dan 8 peserta didik berada dalam kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan persentasi sebesar 66,6 %. Kemudian rata-rata pada siklus terakhir didapatkan persentase sebesar 82,9 % dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).

Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa Mengembangkan Berpikir Simbolik Menggunakan Media Visual di TK Tarbiyatul Furqan mengalami perkembangan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.