MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 KANDANGAN

Akhmad Rizal

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang berhasilnya siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP), ini terlihat dari hasil penilaian akhir semester (PAS) dan penilaian akhir tahun (PAT) tahun pelajaran 2020/2021 di SMP Negeri 1 Kandangan. Rata-rata nilai penilaian akhir semester (PAS) dan rata-rata nilai penilaian akhir tahun (PAT) berada di bawah nilai yang telah ditetapkan kurikulum sekolah sebagai indikator ketuntasan yaitu ≥ 75 serta dengan merebaknya pandemik Covid-19 pada awal tahun 2020 yang mengharuskan sekolah dan guru melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk menunjang pembelajaran jarak jauh yang memungkinkan peserta didik melaksanakan proses pembelajaran secara baik dan berkualitas. Perlu adanya perbaikan dan menyusun suatu pendekatan dalam pembelajaran yang lebih komprehensif dan dapat mengkaitkan materi atau teori dengan kenyataan yang ada di lingkungan sekitar.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada materi ketentuan bersuci dari najis dan hadas berdasarkan syariat Islam dengan menggunakan Aplikasi Google Meet dan Google Classroom pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Kandangan yang berjumlah 25 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui model dengan urutan : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI pada materi tentang ketentuan bersuci. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I sampai siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 40% atau 10 siswa, meningkat 20% pada siklus I menjadi 60% atau 15. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat sebanyak 32% menjadi 92% atau 23 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Meet dan Google Classroom dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada materi tentang ketentuan bersuci dari najis dan hadas berdasarkan syariat Islam di kelas VII D SMP Negeri 1 Kandangan tahun pelajaran 2021/2022.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.