MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE THE POWER OF TWO MATERI IMAN KEPADA KITAB ALLAH SWT

M. Azhari

Abstract


Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran PAI adalah rendahnya kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal tentang materi tauhid / keimanan. Salah satu penyebabnya adalah metode yang digunakan guru kurang menitikberatkan pada aktivitas peserta didik dalam pembelajaran.

Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang materi iman kepada kitab-kitab Allah melalui penerapan pembelajaran dengan model the power of two.

Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Kandangan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif.

Hasil yang diperoleh adalah :

  1. Kegiatan pembelajaran dengan metode the power of two secara bertahap mengalami peningkatan dari siklus I : 68,18% (kategori sedang) sampai siklus II : 88,23% (kategori baik).
  2. Aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran dengan metode the power of two secara bertahap mengalami peningkatan dari siklus I : 66,67% (kategori sedang) sampai siklus II : 86,66% (kategori baik).
  3. Hasil tes peserta didik pada siklus I dengan rata-rata nilai 75,91 dan siklus II dengan rata-rata nilai 83,63 menunjukkan bahwa tindakan kelas dengan menggunakan metode the power of two berhasil dengan baik.

Penggunaan model pembelajaran the power of two dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi iman kepada kitab-kitab Allah pada peserta didik kelas VIII SMPN 2 Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.