PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI-BP MATERI KANDUNGAN Q.S AL-FALAQ MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN MANDALA 1

Nahdia Ulfah

Abstract


Berdasarkan hasil prasurvey penulis, pada hasil belajar semester ganjil mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tahun pelajaran 2020/2021 pada materi Kandungan Q.S al-Falaq terdapat beberapa siswa yang belum tuntas karena variasi gaya mengajar yang kurang menunjang keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang masih menggunakan metode pembelajaran yang lama.

Mengacu masalah tersebut diatas , tujuan dari penulisan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada materi Kandungan Q.S al-Falaq yang telah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning.

Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Mandala 1 Kec. Telaga Langsat Kab. Hulu Sungai Selatan untuk semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan menggunakan tes evaluasi hasil belajar, observasi dan dokumentasi.

Hasil yang diperoleh adalah :

  1. Kegiatan pembelajaran dengan model Discovery Learning secara bertahap mengalami peningkatan dari siklus I : 77,50% (kategori baik) sampai siklus II : 98,75% (kategori sangat baik).
  2. Aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran dengan model Discovery Learning secara bertahap mengalami peningkatan dari siklus I : 53,70% (kategori cukup) sampai siklus II : 95,80% (kategori sangat baik).
  3. Hasil tes peserta didik pada siklus I dengan rata-rata nilai 65,71 dan siklus II dengan rata-rata nilai 94,28  menunjukkan bahwa tindakan kelas dengan menggunakan model Discovery Learning berhasil dengan baik.

Penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar PAI dan BP materi kandungan Q.S al-Falaq pada peserta didik kelas IV SDN Mandala 1.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal, Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung:Yrama Widya, 2015.

Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 229-244. doi:https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257

Asrori, Moh, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: CV Wacana Prima, 2007.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: RajawaliPerss, 2011.

Djamarah, Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Ilahi, Mohammad Takdir, Pembelajaran Discovery Strategi dan Mental Vocational Skill, Yogjakarta: Diva Press, 2012.

Wardhani, IGAK & Kuswaya Wihardit, Penulisan Tindakan Kelas.Tangerang Selatan : Universitas Terbuka, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.