EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS DARUL MUKMIN
Abstract
Permasalahan yang di hadapi siswa kelas VII MTs Darul Mukmin,Kec.Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan dalam pembelajaran Fiqih,memahami materi Hikmah Shalat Fardhu adalah rendahnya hasil belajar siswa.Hal ini disebabkan dalam proses belajar guru masih menggunakan metode ceramah,tanya jawab dan pemberian tugas,metode yang digunakan oleh guru ini sifatnya konvensional yakni berpusat pada guru saja sehingga siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran.Dilihat dari keadaan diatas diketahui bahwa metode yang digunakan masih kurang baik sehingga aktifitas guru lebih banyak dari siswanya,rumusan masalah pada penelitian ini adalah
:” Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam upaya meningkatakan hasil belajar memahami materi Hikmah Shalat Fardhu siswa kelas VII Mts Darul Mukmin Seruyan?”
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan jenis penelitian deskriptif,sumber data dari penelitian ini adalah subjek dan objek penelitian,dimana subjek penelitian ini adalah guru bidang studi Fiqih dan objek penelitian ini adalah siswa siswi kelas VII MTs Darul Mukmin Kec.Seruyan Hilir,metode pengumpulan data dari penelitian ini adalah tahap Perencanaan,Pelaksanaan,Pengamatan dan Refleksi.Metode analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan presentase.,dan hasilnya adalah sebagai berikut,setelah menerapkan strategi model pembelajaran Cooperative Learning pada hasil belajar siswa penelitian pendahuluan terbukti mencapai KKM yakni setelah menerapkan strategi Model pembelajaran Cooperative Learning dapat diketahui peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 79,0%, maka dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut,”Terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi Model Pembelajaran Cooperative Learning”.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.