PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL MATERI FIKIH DI MIS ISLAMIYAH SOJOMERTO

A'isyah M

Abstract


Permasalahan yang dihadapi peserta didik kelas IV MIS Islamiyah Sojomerto Kecamatan Reban Kabupaten Batang dalam pembelajaran fikih, memahami materi berani berkhitan adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan dalam proses belajar guru masih tidak menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat peserta didik. Berdasarkan latar belakang masalah ini perlu dilakukan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih peserta didik kelas IV MIS Islamiyah Kecamatan Reban Kabupaten Batang tanpa memandang latar belakang pendidikannya dan perlu dirumuskan media lain yang kondusif dan menyenangkan dalam pembelajaran fikih. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah “apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar fiqih peserta didik kelas IV MIS Islamiyah Sojomerto Kecamatan Reban Kabupaten. Batang Tahun 2021/2022? dan bagaimana pengaruh media pembelajaran  melaluai media audio visual kelas pada pelajaran fikih materi berani berkhitan di MIS Islamiyah Sojomerto Kec. Reban Kab. Batang Tahun 2021/2022?. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dimana objek peneliti hanya berpusat pada proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual, adapun dalam metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dimana penulis menggambarkan gejala-gejala yang terjadi pada objek penelitian, dan hasilnya adalah sebagai berikut, setelah menerapkan media audio visual  dapat diketahui peningkatan hasil belajar dengan persentase  85,71 % dan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa 14,28%. Dengan nilai rata-rata kelas 82,85. Jadi ketuntasan belajar siswa pada siklus II adalah 85,71 dan sudah sesuai KKM maka sudah dapat dikatakan tuntas. Adapun saran dari hasil penelitian yaitu: 1) untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan media audio visual memerlukan persiapan yang cukup matang, sehingga diperoleh hasil yang optimal. 2) dalam meningkatkan presentasi belajar peserta didik, guru hendaknya lebih sering melatih dengan berbagai media pembelajaran, sehingga siswa berhasil atau mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya. 3) perlu adanya penelitian yang lebih lanjut, karena hasil penelitian ini hanya dilakukan di MIS Islamiyah Sojomerto Kecamatan Reban Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2021/2022.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.