PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI QURBAN DAN AKIKAH DENGAN MODEL COOPERATIF LEARNING PADA SISWA KELAS X IPA 1 MA SUNAN PRAWOTO PATI

Muhammad Zulfa

Abstract


Berdasarkan fakta di lapangan, tepatnya di MA Sunan Prawoto Pati, diperoleh masalah pada kegiatan belajar Fikih. Proses belajar ditemukan jika siswa tidak semangat dan kepedulian kurang dalam proses pembelajaran yang dijelaskan guru, seperti siswa lebih suka bicara sendiri, melakukan aktifitas menggambar ketika diajar. Kondisi tersebut membuat perlu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Cooperative Learning untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa kelas X IPA 1 MA Sunan Prawoto Pati. Penelitian yang digunakan berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan memperbaiki proses kegiatan belajar di kelas. Variabel bebasnya adalah hasil belajar peserta didik. Adapun metode pengumpulan data meliputi observasi, interview dan tes. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dengan indikator keberhasilan sebesar 75% siswa mendapat hasil diatas nilai minimal yaitu 75. Hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif mampu meningkatkan hasil belajar materi qurban dan akikah siswa kelas X IPA I MA Sunan Prawoto Pati. Hal ini dibuktikan sebesar 93,75% siswa sudah mendapat hasil diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setelah siklus ketiga dan hanya 6,25% siswa yang masih di bawah KKM.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.