PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 JABIREN RAYA
Abstract
Model pembelajaran yang umumnya digunakan dalam pembelajaran adalah model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran ini juga yang diterapkan dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dikelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Jabiren Raya. Hasil pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional ini menghasilkan nilai rata-rata 70 sedangkan nilai KKM yang ditetapkan adalah 75. Berdasarkan yang terjadi di lapangan ini, penulis ingin menerapkan model pembelajaran yang berbeda agar dapat memberikan perubahan yang positif dalam pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh siswa dapat meningkat. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Promblem Based Learning (PBL). Model pembelajaran unu merupakan model pembelajaran yang lebih mengutamakan peserta didik yang berperan aktif pada saat proses pembelajaran dan guru sebagai motivator. Adapun tujuan dari penelitian yang dilaksanakan ini adalah 1) Agar dapat mengkaji penerapan model Problem Based Learning (PBL) siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Jabiren Raya pada materi Iman kepada Rasul dan 2) Dapat mengkaji penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Jabiren Raya pada materi Iman kepada Rasul.
Penelitian yang diterapkan menerapkan jenis penelitian tindakan (action research) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklusnya meliputi empat tahap yang terdiri atas rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau. Penelitian ini dilaksanakan pada 9 dan 23 Juni 2022 yang mana data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan hasil tes tulis pada tahap observasi awal, siklus 1 dan siklus 2 dan pada setiap tahapan tersebut, nilai rata – rata yang diperoleh siswa mengalami peningkatan dari setiap tahap yang lewati.
Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Jabiren Raya pada materi Iman kepada Rasul dengan menerapkan model Problem Based Learning mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada tahap observasi awal, nilai rata-rata siswa adalah 70, pada siklus 1 nilai rata-rata siswa adalah 78,75 dan nilai rata-rata siswa pada siklus 2 adalah 87,5. Selain itu berdasarkan hasil pengamatan terlihat bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Jabiren Raya pada materi Iman kepada Rasul menunjukkan peningkatan pada aktivitas belajar, diskusi dan juga keaktifan dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) memberikan dampak yang positif pada pembelajaran dan peningkatan hasil pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.