MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SDN 2 ILUNG PASAR LAMA

Yulianti Yulianti

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa di SDN 2 Ilung Pasar Lama karena guru masih menggunakan model pembelajaran yang masih monoton dan kurang inovatif. Hasil belajar siswa belum memenuhi dari kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan yaitu 70. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture menjadi salah satu alternatif yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture di kelas V SDN 2 Ilung Pasar Lama. Penelitian ini  menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Ilung Pasar Lama yang berjumlah 14 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki, dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil observasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan persentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dikelas V SDN 2  Ilung Pasar Lama dengan skor 85,71 % melebihi kriteria yang ditetapkan yaitu 70%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.