PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V MIS.DARUSSALAM SUNGAI KUNYIT
Abstract
Mind Mapping merupakan metode pembelajaran yang kreatif untuk meringankan para siswa dalam mengingat pengetahuan dan informasi yang telah didapat.Adapun pokok permasalahan yang sedang dihadapi dalam rangka pelaksanaan proses pembelajaran Ipa khususnya materi Panas dan Perpindahannya di kelas 5 diantaranya : Siswa banyak bermain dan kurang memperhatikan,kurangnya minat siswa pada materi pembelajaran Ipa,rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang disampaikan ,siswa tidak mau bertanya tentang hal yang kurang dipahami,siswa tidak aktif,hasil evaluasi tidak mencapai target.Penelitian ini menggunakan metode mind mapping dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa dalam pembelajaran Ipa dikelas 5 tentang materi Panas dan Perpindahannya.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 Mis.Darussalam Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat dengan jumlah 10 siswa.Adapun Instrumen yang di Pergunakan Adalah tes uraian untuk melihat hasil belajar siswa dan Observasi dipergunakan untuk mengamati aktivitas belajar siswa.Berdasarkan hasil analisis data pada siklus 1 hasil belajar siswa secara klasikal adalah 46%,pada siklus 2 mencapai 84% .Berdasarkan hasil analisis data siklus 1 aktivitas siswa secara klasikal adalah 20%,pada siklus 2 mencapai 76 %.Berdasarkan hasil yang dicapai tersebut dapat dinyatakan tuntas dan dapat disimpulkan bahwa pada siswa kelas 5 Mis Darussalam Sungai Kunyit dalam pembelajaran terjadi peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode mind mapping.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.