PENERAPAN DISCOVERY LEARNING MATERI SHALAT FARDHU DALAM KEADAAN SAKIT UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR KELAS VII

Muhammad Kholil

Abstract


Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk peserta didik Kelas VIIA MTs Al Ishlah Laren. Secara khusus bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan aktivitas peserta didik; (2) Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru; dan (3) Mengetahui hasil belajar peserta didik yang mengacu pada model discovery learning pada Kelas VIIA MTs Al Ishlah Laren semester genap tahun pelajaran 2021/2022 untuk materi Shalat Fardhu dalam keadaan sakit. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan (dua kali tatap muka), demikian pula halnya dengan Siklus II. Data aktivitas peserta didik digali dengan Lembar Pengamatan Aktivitas Peserta Didik, data Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru digali dengan Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, sedangkan data hasil belajar peserta didik digali dengan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas peserta didik kelas VIIA MTs Al Ishlah Laren tahun pembelajaran 2021/2022 pada pembelajaran yang mengacu kepada model discovery learning pada materi Shalat Fardhu dalam keadaan sakit di siklus I maupun siklus 2 penelitian tindakan kelas ini berada pada kategori BAIK; (2) Pengelolaan pembelajaran oleh guru di kelas VIIA MTs Al Ishlah Laren yang tahun pembelajaran 2021/2022 yang telah dilakukan guru pada materi Shalat Fardhu dalam keadaan sakit dengan model discovery learning di siklus 1 maupun siklus 2 penelitian tindakan kelas ini juga berada pada kategori BAIK; dan (3) Hasil belajar peserta didik kelas VIIA MTs Al Ishlah Laren tahun pembelajaran 2021/2022 pada materi Shalat Fardhu dalam keadaan sakit mengalami peningkatan dibanding tahun pelajaran 2020/2021 setelah menggunakan model discovery learning.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.