MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI SMK MELALUI PENERAPAN MODEL MIND MAPPING

Achmadie Eppendie

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Mind Mapping sebagai salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik kelas X ATPH SMKN 1 Katingan Kuala Pada Materi Aku Selalu Dekat Dengan Allah Swt. Semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022.

Prosedur pengumpulan informasi menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Untuk menganalisis dataamenggunakan deskriptifokualitatif dan deskriptifokuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa setelah menerapkankan model Mind Mapping terjadi peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas X ATPH SMKN 1 Katingan Kuala pada materi Aku Selalu Dekat Dengan Allah Swt. Semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022.

Pada siklus I rata-rata kelas sebesar 68 sedangkan persentase ketuntasan sebesar 40% dan pada siklus II rata-rata kelas telah meningkat menjadi 80 dengan persentase ketuntasan menjadi 90%. Sedangkan kegiatan belajar peserta didik dan aktivitas peneliti yaitu: siklus I pada peserta didik adalah sebesar 52,14% (kurang), peneliti sebesar 64% (cukup) dan pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas peserta didik menjadi 82,85% (baik), peneliti sebesar 83% (baik). Keberhasilan proses pembelajaran ditandai dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar peserta didik dan meningkatnya aktivitas peserta didik dan peneliti dalam setiap siklus.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.