PENERAPAN STRATEGI TRUE OR FALSE MATA PELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI
Authors
Abdul Rahim
IAIN Palangka Raya
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi Kurang kreatifnya guru fiqih di kelas VI MI Jabal Aswad Samboja selama ini dalam menggali strategi pembelajaran yang bisa dipakai untuk pembelajaran fiqih  menyebabkan pelaksanaan pembelajaran cenderung monoton siswa, sehingga perlu adanya perubahan paradigma dalam menelaah proses belajar mengajar dan interaksi guru dan siswa, salah satu cara adalah dengan menerapkan strategi strategi true or false dalam proses pembelajaran fiqih di kelas VI MI Jabal Aswad Samboja. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah strategi True or False dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi makanan halal dan haram dikelas VI MI Jabal Aswad Samboja? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi true or false dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi makanan halal dan haram di kelas VI MI Jabal Aswad Samboja hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada pra siklus dengan KKM 75 siswa pra siklus hanya 53,1 %  Siklus I adalah  65,3 % dan pada siklus II adalah 85,6 %. Â