PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SUNNAH RAWATIB KELAS III

Latipah Latipah

Abstract


Berdasarkan pengamatan dan pengalaman peneliti selama mengajar di kelas III MI Hidayatun Naim Kapuas tahun pelajaran 2021/2022 ternyata umumnya minat siswa dan keterlibatan siswa dalam proses belajar sangat minim.Model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi,dimana guru cenderung menggunakan pendekatan konvensional setiap melakukan proses pembelajaran.Guru menyajikan materi pelajaran dengan metode ceramah.Siswa hanya mendengarkan,mencatat dan menghapal penjelasan guru sehingga hasil belajar siswa di bawah KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut,ada banyak strategi pembelajaran yang ditawarkan oleh insan yang peduli dan berkecimpung dalam dunia pendidikan.Satu diantaranya adalah strategi pembelajaran Problem Based learning (PBL).Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi sejauh mana peningkatan pemahaman siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Subjek yang akan diteliti adalah siswa kelas III MI Hidayatun Naim Kapuas yang akan mendapatkan materi pokok memahami ketentuan shalat sunnah rawatib pada mata pelajaran Fiqih.Adapun jumlah siswa kelas III MI HIdayatun Naim Kapuas Tahun Pelajaran 2021/2022 berjumlah 18 siswa.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan dua siklus.Tiap siklus dalam penelitian ini menggunakan 4 (empat) tahapan,yaitu perencanaan,pelaksanaan,pengamatan dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan.Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 61,11% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang.Dalam pelaksanaan Siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan sehingga dilanjutkan pada siklus II dengan presentase hasil belajar siswa mencapai 88,89% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 orang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.