MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA MEDIA GAMBAR SERI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III DI MIS FADHILATUL IKHSAN BATUDAA PANTAI KABUPATEN GORONTALO

Yanti N. Subu

Abstract


Penelitian untuk meningkatkan kemampuan  menulis cerita menggunakkan media gambar seri pada siswakelas III Mis Fadhilatul Ikhsan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Menggunakan Metode  penelitian  metode tindakan kelas( PTK ) melalui dua siklus dengan menggunakan analisis data yakni menklasifikasi, mengintelplestasi dan menyimpulkan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwakemampuan  menulis cerita pada  siklius I,Tampak aktivitas siswa menggunakan Media Gambar Seri 60,60%, aktivitas melakukan kerjasama dalam kelompok 85,85%, aktivitas presentasi 48,48% dan aktivitas bertanya 48,48%, sehingga diperoleh persentase aktivitas belajar secara klasikal sebesar 61,86% dan tergolong dalam kategori aktif. Pada siklus yang ke II, aktivitas menggunakan Media Gambar Seri 73,73%, aktivitas melakukan kerjasama dalam kelompok 98,98%, aktivitas presentasi 56,56% dan aktivitas bertanya 70,70%, sehingga diperoleh persentase aktivitas secara klasikal mencapai 74,99%, sehingga aktivitas siswa secara klasikal meningkat sebesar 13,13%.. sedangkan pada siklus II mencapai 90,90% (20 Siswa), dengan demikian kategori hasil belajar siswa yang tergolong tuntas mengalami peningkatan. Simpulan penelitianbahwa  Media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas III Mis Fadhilatul Ikhsan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.