PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SHOLAT JAMAK DAN QASAR KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA BESI

Nurwahidah Nurwahidah

Abstract


Penelitian ini terkait dengan penerapan metode drill yang bertujuan agar peserta didik bukan hanya memahami tentang ketentuan shalat jamak dan qasar saja tetapi mampu mepraktikan dalam kehidupan sehari-hari karena sholat bagi seorang Muslim adalah wajib dalam keadaan apapun sehingga Islam memberikan rukhsah dalam keadaan kondisi perjalanan jauh atau dalam keadaan darurat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research[A1] ) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pada pra tindakan (pretest) diperoleh data aktivitas pembelajaran peserta didik hanya mencapai 12,75%, hal ini dapat ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I nilai rata-rata kelas tercapai 66 dengan ketuntasan KKM 70. Dalam hasil penelitian siklus 1 banyaknya siswa yang mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 60,87%. Sedangkan siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 80, terbukti adanya peningkatan menjadi 26,38% dan seluruh siswa mencapai KKM atau ketuntasan. Untuk peningkatan aktivitas peserta didik terjadi perubahan dari Siklus 1 = 56,43% berubah menjadi 74,42% meningkat menjadi 18%.

Semua kata asing dimiringkan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.