PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUKAN MEDIA CARD SORT SDN 6 MENTENG

Mahmud Mahmud

Abstract


Abad 21 Pendidikan  yang dikaitkan dengan era di gital 5.0  memberikan tantangan bagi para pendidik khususnya pendidik yang mengajarkan pendidikan Islam dan Budi Pekerti untuk membentuk akhlak dan kebiasaan siswa. Guru sebagai pendidik harus kreatif dan memiliki berbagai strategi yang dapat digunakan selama pembelajaran di kelas. Strategi mengajar adalah cara agar siswa menguasai mata pelajaran secara baik. Namun dalam prakteknya di lapangan banyak siswa yang tidak menguasai materi. Berdasarkan observasi awal di SDN 6 Menteng, prestasi akademik siswa tidak memenuhi KKM, nilai masih di bawah 70.

Dari  uraian tersebut di atas, model pembelajaran kooperatif berbantukan card sort yang mengharapkan penguasaan dan pemahaman peserta didik pada materi pelajaran yang telah dilaksanakan dengan cara mensortir kartu. Penerapan model pembelajaran ini akan mempermudah peserta didik dalam memahami nama dan tugas dari malaikat.

Tujuan penelitian Tindakan Kelas ini untuk meningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif berbantukan media card sort pada materi iman kepada malaikat.di.kelasIVb.SDN6.Menteng.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 6 Menteng pada tahun pelajaran 2021-2022 dengan jumlah peserta didik 13 yang terdiri dari 6 laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai 53,84% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 100%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.