Pengembangan Media Pembelajaran Physics Pocket Book Bermuatan Local Wisdom pada Materi Momentum dan Impuls
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan media pembelajaran berupa buku saku fisika yang bermuatan kearifan lokal dan menguji kelayakannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian pengembangan yang digunakan ialah model ADDIE yang terdiri atas lima tahap pengembangan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, pengimplementasian, dan evaluasi. Buku saku tersebut diuji kelayakannya oleh tim validator ahli yakni ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku saku fisika yang dikembangkan sesuai dengan langkah-langkah pengembangan yaitu tahap analisis meliputi analisis kurikulum, analisis materi dan analisis kearifan lokal, tahap perancangan produk dan tahap pengembangan meliputi validasi dan revisi produk. Kelayakan buku saku berdasarkan penilaian dari ahli media memperoleh rata-rata persentase 89,30% dengan kriteria sangat valid dan penilaian dari ahli materi memperoleh rata-rata persentase 84,60% dengan kriteria sangat valid. Jadi, media pembelajaran buku saku fisika yang dikembangkan layak untuk digunakan pada materi momentum dan impuls.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arumy, Clarissa Early. 2018. Pengembangan Pocket Book Materi Momentum dan Impuls untuk Meningkatkan Minat da Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X. Skripsi; FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Atsiah, Nenden Shalhah N. dkk. 2020. Development of Learning Media in The Form of Value-Based Physics Pocketbook. Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika. Vol 6 (1), h. 20.
Fitriah, Lutfiyanti dkk. 2021. Developing a Physics Textbook Based on The Local Wisdom of Hulu Sungai Selatan Regency to Train Rakat Mufakat Characters. Journal of Physics: Conference Series, h. 2.
Fitriah, Lutfiyanti dkk. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis CORE dan Bermuatan Ayat-ayat Al-Qur'an. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. Vol 5 (3), h. 268.
Jaya, Sang Putu Sri. 2012. Pengembangan Modul Fisika Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Semester 2 di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia 1 Vol 2 (2), h. 5.
Khumaidi, Alifudin dan Imam Sucahyo. 2018. Pengembangan Mobile Pocket Book Fisika sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol 7 (2), h. 154.
Makhmudah, Nur Laily. 2019. Pengebangan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Permainan Tradisional Kalimantan Tengah untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Momentum dan Impuls di SMAN 1 Sampit. Skripsi; FKIP Universitas Jember.
Pangabean, Nurul Huda dan Amir Danis. 2020 Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Pribadi, Benny A. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Kencana.
Rahmadita, A. dkk. 2021. Perhaps a Feasibility Study of Pocket Book Learning Media in Newton Law Materials for Class X Senior High School. Journal of Physics: Conference Series at The 10th International and Applied Physics (ICTAP 2020), h. 1.
Ruwanto, Bambang. 2015. Fisika is So Fun. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Sakdiah, Halimatus. 2016. Peran Pedagang Perempuan Pasar Terapung dalam Melestarikan Tradisi dan Kearifan Lokal di Kalimantan Selatan (Perspektif Talcott Parsons). International Conference on Social and Intellectual Transformation of The Contemporary Banjarese, 09-11 Agustus 2016.
Setiawan, B, dkk. 2017. The Development of Local Wisdn-Based Natural Science Module to Improve Science Literation of Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol 6 (1), h. 49.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wardani, Diana Kusuma. 2018. Pengembangan Majalah Fisika Berbasis Contextual Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar pada Siswa SMA. Skripsi; FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Wibowo, dkk. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.