Pengaruh Media Mentimeter Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media mentimeter terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SDN 01 Winongo, kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t untuk menguji hipotesis. Berdasarkan analisis data dapat diperoleh bahwa thitung ≥ ttabel dengan taraf 5% sehingga di dapat (ttabel = 1,661) karena thitung lebih besar dari ttabel (7,023 ≥ 1,661) maka H0 ditolak. Jadi media pembelajaran mentimeter berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD.
Full Text:
PDFReferences
Andriani, A., Dewi, I., & Sagala, P. N. (2019). Development of blended learning media using the mentimeter application to improve mathematics creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1).
Andrini, V. S., & Pratama, H. (2021). Implementasi Quiz Interaktif dengan Software Mentimeter dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Mimbar Ilmu, 26(2), 287.
Gokbulut, B. (2020). The effect of mentimeter and Kahoot applications on university students’ E-learning. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 12(2), 107–116.
Iswanti, Novitasari Mara, M., Suryanti, S., & Raharjo, S. (2021). Mathematics Teaching Innovations and the Evaluation during the Pandemic: What Else Can We Do to Help Our Students Learning? Journal of Physics: Conference Series, 1940(1).
Madiseh, F. R., Abri, A. Al, & Sobhanifar, H. (2022). Integration of Mentimeter into the Classroom : A Scoping Review. Research Square, 1–22.
Mohin, M., Kunzwa, L., & Patel, S. (2020). Using Mentimeter to enhance learning and teaching in a large class Keywords : February, 1–25. h
Pichardo, J. I., López-Medina, E. F., Mancha-Cáceres, O., González-EnrÃquez, I., Hernández-Melián, A., Blázquez-RodrÃguez, M., Jiménez, V., Logares, M., Carabantes-Alarcon, D., Ramos-Toro, M., Isorna, E., Cornejo-Valle, M., & Borrás-Gené, O. (2021). Students and teachers using mentimeter: Technological innovation to face the challenges of the covid-19 pandemic and post-pandemic in higher education. Education Sciences, 11(1), 1–18.
Sirajudin, N., & Hasan, S. (2020). The Effect of Mentimeter Application on Enhancing Students’ Communication Skills through Environments Issues. Proceedings Ofthe 1st International Conference on Teaching and Learning (, 218–222.
Wilkerson, T. L. (2021). Catalyzing Change in Mathematics: Initiating Critical Conversations and Broadening Partnerships to Support Mathematics Teacher Education. Journal of Mathematics Teacher Education in Texas, 11(2), 9.
Refbacks
- There are currently no refbacks.