PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SISWA MELALUI DARING SELAMA MASA PANDEMI

Rizka Hayani, Ratna Juwita Sari

Abstract


Tujuan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui problematika pembelajaran siswa selama masa pandemik dengan metode daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitan ini menggunakan teknik analisis mendalam (in-depth analysis), yaitu mengkaji masalah secara kasus perkasus karena metodologi kualitatif yakni bahwa sifat suatu masalah satu akan berbeda dengan sifat dari masalah lainnya. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 16 Tanjung Kubah. Yang beralamatkan di Jalan Syarifuddin Kec.Air Putih Kab. Batu bara Sumatera Utara. Waktu dilaksanakannya penelitian ini direncanakan pada bulan Agustus 2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah transkrip wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan, maka dapat disimpulkan bahwa problematika pembelajaran siswa selama Daring diantaranya siswa cenderung memiliki minat dan motivasi yang sanngat rendah terhadap pembelajaran daring, karena menimbulkan rasa kejenuhan dan tidak ada keseruan saat belajar seperti yang terjadi saat pembelajaran tatap muka, keterbatasan Paket Data dan ketidakstabilan jaringan internet, dan kurang bervariasinya media interaktif untuk pembelajaran secara daring.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.