PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI KELAS XI SMA CERDAS MURNI TEMBUNG MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI

Indi Ajmalia Asih Marpaung, Markus Harefa, Rida Nelviani Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-2 SMA Cerdas Murni Tembung yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dilihat dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Sebelum diberi tindakan nilai rata-rata tes diagnostik adalah 28,9 yang termasuk dalam kategori kreatif sangat rendah dengan tingkat ketuntasan 2 siswa (5,7%). Setelah diberikan tindakan pada siklus I dengan menggunakan pembelajaran berbasis inkuiri nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif I meningkat menjadi 62,5 yang termasuk dalam kategori kreatif rendah dengan tingkat ketuntasan 19 siswa (54,3%). Ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 33,6 dan ketuntasan klasikal sebesar 48,6% atau 17 siswa dari tes diagnostik yang dilakukan. Kemudian setelah pemberian tindakan pada siklus II, diperoleh nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif II adalah 74,5 yang termasuk dalam kategori kreatif sedang dengan tingkat ketuntasan 30 siswa (85,7%) yang berarti mengelami peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 12 dan ketuntasan klasikal sebesar 31,4% atau 11 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas XI-2 SMA Cerdas Murni Tembung.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.