KESULITAN GURU DALAM MENILAI ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI PAUD AZ-ZAHRA

Nurliza Zuhra

Abstract


Penelitian ini bertujuan: pertama,  mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan  guru PAUD Az- Zahra di Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie jaya dalam melakukan penilaian terhadap perkembangan AUD; kedua, mendekripsikan jenis kesulitan  guru PAUD Az- Zahra di Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie jaya dalam melakukan penilaian terhadap perkembangan AUD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian adalah para  guru PAUD Az- Zahra di Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie jaya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan teknik Model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan guru dalam menilai perkembangan anak usia dini adalah minimnya kompetensi mereka. Guru tidak memahami prinsip dan prosedur penilaian secara komprehensif. Ada empat jenis kesulitan guru dalam menilai aspek-aspek perkembangan anak usia dini. Pertama, guru belum mampu membuat perencanaan penilaian perkembangan anak usia dini secara tepat dan benar. Kedua, guru belum mampu merekam atau mengumpulkan data perkembangan anak secara komprehensif. Ketiga, pengolahan data dan pengukuran penilaian tidak dilakukan secara berkesinambungan dan tidak didasarkan pada data yang lengkap. Keempat, pelaporan hasil penilaian perkembangan anak usia dini dibuat dalam bentuk deskripsi namun sulit memahami tren perkembangan anak dari waktu ke waktu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.