PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL SSCS DAN MODEL PQ4R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Santi Eka Ambaryani, Sarwanto Sarwanto, Sri Budiawanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk:1) menghasilkan produk perangkat pembelajaran fisika SMA untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada materi Fluida Statis, 2) menganalisis kelayakan perangkat pembelajaran fisika SMA dan penerapannya kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 SMAN 1 Karanganyar. Penelitian ini merupakan Research and Development (Rnd) dengan menggunakan model 4-D meliputi define, design, develop, dan disseminate. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LKPD model SSCS dan model PQ4R. Pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan tes berupa soal essay dan non tes berupa lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran fisika SMA menggunakan model SSCS dan model PQ4R dikembangkan berdasarkan komponen pembelajaran saintifik dengan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada materi Fluida Statis, 2) Perangkat pembelajaran  Fisika pada materi Fluida Statis layak digunakan dengan kategori sangat baik berdasarkan hasil penilaian validator ahli dan hasil penilaian siswa terhadap pembelajaran pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model SSCS sebesar 96% sangat baik, sedangkan keterlaksanaan pembelajaran dengan model PQ4R sebesar 95% sangat baik. Hasil belajar rata-rata siswa kelas XI IPA juga meningkat ditinjau dari ranah berpikir kritis dan pemecahan masalah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.