PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Ajeng Cyntia Azahra, Nada Nisrina, Nazifa Mumtaza, Irma Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literature tentang penerapan pembelajaran kolaboratif untuk melatih keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan (library research). Sumber data berupa artikel-artikel penelitian di jurnal nasional yang berkaitan dengan pembelajaran kolaboratif untuk melatih keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran fisika. Hasil kajian literature menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif dapat mengembangkan sikap kerjasama, menghargai pendapat teman, mengendalikan diri, kesabaran dan kecerdasan emosional sehingga menghasilkan pemecahan masalah yang tepat. Penerapan pembelajaran kolaboratif melalui tipe buzz group dapat meningkatkan pola pikir atau penalaran siswa dalam pemecahan masalah fisika.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.