PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO-VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KELAS IV

Cerianing Putri Pratiwi, Heny Kusuma Widyaningrum

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis audio-visual terhadap keterampilan menulis pada pembelajaran tematik kelas IV SDN di Kecamatan Bendo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi experimental. Objek dalam penelitian ini sebanyak 52 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes keterampilan menulis. Uji prasyarat analisis yang digunakan pada uji normalitas dengan rumus Lilliefors, uji homogenitas dengan rumus uji F, dan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukan yaitu nilai tobs = 2,276 dan nilai ttabel = 1,678 dengan taraf signifikasi 5%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis audio-visual terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV SDN di Kecamatan Bendo pada pembelajaran tematik lebih efektif dari model pembelajaran konvensional. Hal ini didukung dengan rata-rata nilai siswa kelas IV setelah diterapkan pembelajaran, siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 83,42 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 78,57.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.