PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD
Abstract
Pemahaman siswa terhadap materi tergolong rendah yang akibatnya akan menurunnya hasil belajar pada peserta didik dan menyerapan informasi peserta didik menjadi tehambat. Media pembelajaran yang efektif untuk pembelajaran tematik adalah media video pembelajaran berbasis articulate storyline . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran berbasis articulate storyline terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre experimental design tipe one grup pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adaseluruh siswa kelas 4 satu gugus. Sampel pada penelitian ini 24 siswa kelas IV SDN 04 Madiun Lor. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil uji prasyarat dan data yang ditunjukan berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji paired sampel test. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah sebesar 0,000 atau kurang dari 5%. Oleh karena nilai sig ≤ 5%, maka dapat diambil kesimpulan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis articulate storyline terhadap hasil belajar tematik siswa diterima.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.