PENERAPAN LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPA DALAM MENGHADAPI KESIAPAN PENDIDIKAN DI ERA SOCIETY 5.0

Devi Ariastika

Abstract


Pada era Society 5.0, literasi merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang berpusat pada manusia yang berkolaborasi dengan system teknologi.Salah satu literasi yang penting di era ini adalah literasi digital.Penerapan literasi digital bisa dilakukan melalui pembelajaran IPA dalam kesiapan era society 5.0.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan literasi digital pada pembelajaran IPA dalam menghadapi kesiapan pendidikan di era society 5.0.Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan studi kepustakaan(library study).Pengumpulan dan penelaahan referensimelalui berbagai literatur yang berkaitan dengan literasi digital dan pembelajaran IPA. Hasil penelitian menyatakan bahwa literasi digital dapat dikembangkan melalui pembelajaran IPA dengan berbagai cara misalnya mengarahkan siswa untuk mencari sumber informasi dalam bentuk digital yang berkaitan IPA dan mengajarkan siswa untuk menggunakan aplikasi belajar IPA secara daring. Dalam penerapan literasi digital guru berperan sebagai pengembang, pengguna sistem digital, pelatih dan fasilitator.Penerapan literasi digital juga mendukung pengembangan nilai karakter peserta didik.Pada bidang pendidikan di era society 5.0 bisa jadi siswa atau mahasiswa dalam proses pembelajarannya langsung berhadapan dengan robot yang khusus dirancang untuk menggantikan pendidik atau dikendalikan oleh pendidik dari jarak jauh.Beberapa cara yang bisa dilakukan oleh dunia pendidikan di Indonesia untuk menghadapi society 5.0 yaitu dengan melihat infrastruktur yang ada di Indonesia, pengembangan SDM, menyinkronkan pendidikan dan industri dan penggunaan teknologi sebagai alat kegiatan belajar mengajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.