REPRESENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEKS BAHASA INDONESIA SMA: MODEL NORMAN FAIRCLUOGH

Nurhikmah Nurhikmah, Jufri Jufri, Syamsudduha Syamsudduha

Abstract


Penelitian ini mengkaji representasi nilai pendidikan karakter pada dimensi teks bahasa Indonesia SMA. penelitian paradigma kritis ini menggunakan model Norman Fairclough. data dianalisis dengan teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi teks fitur kosakata ditemukan tiga nilai karakter dalam aspek formal yakni karakter nasionalis, karakter integritas, dan karakter mandiri; Pada fitur gramatika ditemukan empat representasi nilai pendidikan karakter dalam aspek formal yakni karakter religius, mandiri, nasionalis, dan integritas; fitur struktur teks ditemukan dua representasi nilai pendidikan karakter yakni karakter mandiri dan gotong royong. Melalui teks bahasa Indonesia yang merepresentasi nilai pendidikan karakter akan berdampak pada perbaikan karakter siswa ddalam hubungan sosial.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.