STUDI LITERATUR PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF IPA SMP

Purwanti Purwanti, Widha Sunarno, Sukarmin Sukarmin, Novita Ratnasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji berbagai literatur mengenai model problem based learning sebagai solusi peningkatan keahlian berpikir kreatif IPA SMP Negeri 3 Satu Atap Sumberlawang. Mengacu pada hasil yang diperoleh dari wawancara dengan guru, keterampilan berpikir kreatif siswa masih dalam kategori rendah, dibuktikan dengan siswa yang pasif dalam memberikan umpan balik dari guru selama proses pembelajaran serta berdasarkan tes profil awal keterampilan berpikir kreatif. Kendala-kendala yang dialami siswa berdampak pada lemahnya siswa dalam menjelaskan konsep dasar, mengembangkan konsep dengan berbagai sudut pandang, serta mengelaborasi pengetahuan terdahulu dengan pengetahuan baru. Kajian literatur yang dilakukan bahwa model PjBL (Problem based learning) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian studi literatur menggunakan desain penelitian narrative review. Artikel ilmiah yang digunakan sebanyak 20 artikel yang berasal dari artikel ilmiah maupun jurnal internasional dan nasional. Kriteria validasi artikel ilmiah meliputi kriteria kredibilitas sumber, kualitas metodologi riset, kualitas penyajian data dan pembahasan, kecukupan data, kemutakhiran 10 tahun terakhir. Teknik penyajian data dalam bentuk tabel. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian studi literatur menunjukkan bahwa model PjBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP pada mata pelajaran IPA.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.