ANALISIS CAKUPAN LOTS (LOWER ORDER THINKING SKILLS) DAN HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) PADA EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA SE-WILAYAH CIREBON

Ajeng Mudaningrat, Yuyun Maryuningsih, Indah Rizki Anugrah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cakupan LOTS (Lower Order Thinking Skills) dan HOTS (High Order Thinking Skills) pada soal Ujian Akhir Semester (UAS) ganjil mata pelajaran biologi kelas XI IPA menggunakan taksonomi bloom di SMA se-wilayah Cirebon. Penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif dimana data yang diperoleh disajikan dalam bentuk persentase dan selanjutnya dideskripsikan. Subjek penelitian yang digunakan adalah soal Ujian Akhir Semester (UAS) ganjil mata pelajaran biologi kelas XI tahun ajaran 2021/2022 yang diujikan di sekolah yang ada di wilayah Cirebon yaitu SMAN 1 Lemahabang, MAN 3 Buntet Pesantren Cirebon dan MA NU Putri Buntet Pesantren Cirebon. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam dua tahap diantaranya tahap persiapan dan tahap pelaksanaan yaitu menganalisis soal dan melakukan tabulasi data. Hasil penelitian menunjukkan soal Ujian Akhir Semester (UAS) ganjil masih di dominasi dengan soal berdimensi proses kognitif mengingat dan memahami yang memiliki kategori LOTS, dengan persentase soal LOTS di SMAN 1 Lemahabang adalah 82,5%, MAN 3 Buntet Pesantren Cirebon 74,29% dan di MA NU Putri Buntet Pesantren Cirebon 100%, sedangkan soal dengan kategori HOTS masih sangat rendah, yaitu di SMAN 1 Lemahabang persentase soal HOTS hanya 17,5%, MAN 3 Buntet Pesantren Cirebon hanya 25,71% dan MA NU Putri Buntet Pesantren Cirebon 0%. Data penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rendahnya cakupan soal yang dibuat oleh guru untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru-guru biologi di Wilayah Cirebon masih perlu diberikan pendampingan dan penguatan dalam menyusun soal-soal yang memiliki kategori HOTS.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.