PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTION, CONNECTION, APPLYCATION, REFLECTION & EXTENDSION) UNTUK MENINGKATKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATERI FIKIH DI PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI, PONOROGO

Nurul Azizah, Jaziela Huwaida, Khari Khadafi

Abstract


Salah satu tujuan pembelajaran Fikih mekankan pada pemahaman yang benar mengenai ketentuan hukum dalam Islam serta kemampuan cara melaksanakan ibadah dan hubungan yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga hasil belajar pada materi fiqih diharapkan siswa tidak hanya berfokus pada penilian kognitif tetapi juga memperhatikan ranah kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran ICARE (Introduction, Connection, Applycation, Reflection dan Extendsion) pada materi fikih. Model pembelajaran ini menekankan pada aspek psikomotik. Model pembelajaran ini tepat untuk pembelajaran fikih dikarenakan praktik merupakan kegiatan inti dari langkah pembelajaran  model ICARE, sehingga siswa dapat mengaplikasikan sebuah teori yang telah disampaikan oleh guru di kelas.  Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) “Classroom Action Research†dengan model Kurt Lewin. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan model pembelajaran ICARE dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darul Fikri, Bringin, Kauman, Ponorogo. Pada Siklus I persentase keaktifan siswa mencapai (53,3%), dan meningkat pada siklus II mencapai (73,3%) 2) Penerapan model pembelajaran ICARE dapat meningkatkan ranah kognitif siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darul Fikr, Bringin, Kauman, Ponorogo. Pada siklus I diperoleh siswa yang tuntas 13 siswa (43,3%) dengan rata-rata nilai 67,8. dan meningkat  sebanyak 10 siswa (33,4%) pada siklus II, dengan siswa yang tuntas 23 siswa (76,7%) dengan rata-rata nilai 73,3, dari 30 siswa. Harapan peneliti agar siswa dapat mengaplikasikan materi fikih dalam kehidupan sehari-hari dan untuk guru dapat menjadikan model pembelajaran ICARE dalam proses mengajar  di dalam kelas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.