RANAH AFEKTIF PESERTA DIDIK PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH: KAJIAN KOMPETENSI SOSIAL DALAM FILOSOFI KI HAJAR DAWANTARA
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk menggali penilaian ranah afektif peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh. Penilaian ranah afektif peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh dalam penelitian ini didasarkan pada kompetensi sosial dalam filosofi Ki Hajar Dewantara. Filosofi tersebut ialah Ing ngarsa sung tulada (di muka memberi contoh), Ing madya mangun karsa (di tengah membangun cita-cita), serta Tut wuri handayani (mengikuti dan mendukungnya). Pendekatan literature review menjadi jembatan yang peneliti gunakan dalam mencapai tujuan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa keteladanan dan kepedulian guru dalam membangun cita-cita peserta didik, serta mendukung peserta didik sampai berhasil, merupakan hakikat dari filosofi Ki Hajar Dewantara. Hakikat dari filosofi ini menjadi dasar yang kuat bagi guru dalam melakukan penilaian ranah afektif bagi peserta didik dalam situasi dan kondisi apapun, baik dalam kondisi pembelajaran tatap muka maupun dalam pembelajaran jarak jauh.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.