PENGARUH PENGGUNAAN EDMODO PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP
Abstract
Penyebaran virus Covid-19 yang masif di sejumlah negara termasuk Indonesia berdampak pada semua sektor kehidupan manusia. Penerapan pembatasan aktivitas masyarakat membuat proses pembelajaran dilaksanakan dari rumah secara online (daring). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa SMP dengan menggunakan edmodo pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPIT Amin Darussalam Bandar Setia T.A. 2021/2022 yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIb sebagai kelas eksperimen diterapkan pembelajaran dengan edmodo dan kelas VIIa sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran dengan whatsApp. Data penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen berupa tes objektif dan kuisioner kemandirian belajar. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 77,55 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 64,00. Hasil uji t dengan thitung sebesar 4,324 > ttabel 2,002 menunjukkan ada dampak signifikan dari penggunaan edmodo terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan data angket kemandirian belajar terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa pada setiap indikator kemandirian dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan edmodo pada pembelajaran IPA berpengaruh signifikan terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa SMP.
Â
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.