PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBANTUKAN QUIPPER DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP KEMANDIRIAN SERTA HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMAN1 MUSI RAWAS

Ahmad Fahrudin, Eka Maryam

Abstract


Latar belakang penelitian ini karena adanya pandemi covid-19 yang sedang melanda umat manusia di seluruh dunia termasuk negara indonesia dan berdampak pada seluruh sektor termasuk sektor pendidikan. Sehingga pada sektor pendidikan diharuskan melakukan pembelajaran secara online. Sehingga diperlukan pengembangan Learning Management System (LMS) yang baik dan efektif dalam menunjang pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan learning management system (LMS)  berbantukan quipper School dan implementasinya terhadap kemandirian serta hasil belajar fisika siswa di SMAN1 Musi Rawas.  Metode penelitian yang digunakan R&D dengan bentuk  analysis, design, develop, implementation, and evaluation (ADDIE). Pengembangan LMS berbantuan quipper School ini divalidasi oleh 4 orang ahli media dan materi. Implementasi LMS berbantuan quipper dilakuakan dengan metode quasi eksperimen one group pretest-posttest dengan jumlam sampel 28 siswa dalam satu kelas. Instrumen yang digunakan dalam mengukur kemandirian dan hasil belajar siswa yaitu kuesioner dan tes. Hasil pengembangan LMS berbantuan quipper didapatkan penilaian dari ahli media sebesar 88,5% dan ahli materi 86,7%  menunjukkan bahwa LMS berbantuan quipper School layak untuk digunakan. Pada  kuesioner kemandirian siswa diperoleh nilai rata-rata 90 sedangkan hasil  belajar nilai N-gain 0,71 atau pada katagori tinggi. Hasil  tersebut  menunjukkan  bahwa  pembelajaran  dengan menggunakan LMS berbantuan quipper School meningkatkan hasil belajar siswa dengan baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.