PENGARUH HASIL BELAJAR MATERI NISAIYYAH TERHADAP LIFE SKILLS SISWI KMI GONTOR PUTRI 1
Abstract
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswi KMI terhadap materi Nisaiyyah dan mengetahui tingkat kemampuan life skills siswi KMI dalam praktek materi Nisaiyyah. Mereka telah mempelajari pelajaran materi Nisaiyyah sebagai wawasaan ilmu pengetahuan tentang keputrian. Adanya Pendidikan life Skill siswi dapat meningkatkan nilai hasil belajar tersebut. Kemudian, siswi akan mendapat nilai Sitti-l-kull dalam berbagai bidang yaitu Tata Laksana, Tata Busana, Tata Rias, Tata Boga. Tetapi hasil lapangan tidak menunjukkan expektasi yang sebenarnya, maka peneliti ingin menghubungkan bagaimana perngaruh hasil belajar materi Nisaiyyah terhadap life skill siswi KMI Gontor Putri 1. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat Kuantitatif Asosiatif. Pengambilan sampel ditentukan oleh Satisfied Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode pengumpulan data dan metode kuisioner dengan angket. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa, tidak terdapat pengaruh yang kuat antara hasil belajar materi Nisaiyyah terhadap kecakapan hidup siswi, dengan hasil nilai materi Nisaiyyah 66,29 dan nilai kecakapan hidup 62,62. Karena, pendidikan life skill tidak hanya didapatkan dari materi Nisaiyyah melainkan dari kegiatan-kegiatan di luar kelas.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.