PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMBANTU PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI

Ichsaniyah Aini, Rudi Haryadi, Rahmat Firman Septiyanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam memahami materi dinamika rotasi. Setelah dilakukan wawacara di sekolah, di ketahui bahwa siswa kekurangan sumber belajar dan memiliki kesulitan dalam menerapkan konsep ke dalam variasi soal. Berdasarkan hasil penilaian belajar diketahui bahwa materi yang dianggap sulit oleh siswa adalah dinamika rotasi. Bahan ajar yang di kembangkan menggunakan pendekatan kontekstual yang mengaitkan kehidupan sehari-hari siswa dengan materi yang diajarkan dan bertujuan agar siswa lebih memaknai proses pembelajaran. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development) dan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Banyak subjek coba yaitu sebanyak 31 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 4. Melalui hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media terhadap bahan ajar didapatkan hasil sebesar 3,19 dan 3, 40 yang keduanya dalam kriteria “sangat layak”. Hasil penilaian respon siswa didapatkan rerata nilai sebesar 3,37 dengan kategori “sangat layak”. Pengambilan angket respon siswa dilakukan guna mendapatkan penilaian dari siswa selaku sasaran pengguna. Hasil yang didapatkan bahwa bahan ajar sangat layak dan menarik sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan membantu siswa dalam memahami konsep dinamika rotasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.