PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK N 4 KUALA KAPUAS
Abstract
Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran dengan memberikan suatu permasalahan yang akan diselesaikan oleh siswa, sebelum proses pembelajaran dimulai didalam kelas, siswa terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu fenomena terlebih dahulu, kemudian siswa diminta untuk mencatat permasalahan-permasalahan yang muncul. Setelah itu, tugas guru adalah merangsang siswa untuk berfikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada.Tujuan dari Penelitian ini agar Dapat mengkaji penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswaMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Dengan menggunakan PTK diharapkan dapat memperbaiki dan meningkatkan profesionalisme pendidik dalam menangani proses pembelajaran sehingga kualitas proses pembelajaran semakin meningkat. Penelitian Tindakan Kelas atau PTK (Classroom Action Research).Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman materi Iman Kepada Rasul Allah Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran sudah menunjukkan hasil yang optimal dan kondusif.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.