INOVASI MODEL PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Zuhrotul Mufidah, Muhammad Akmal Najemi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan inovasi model pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Kasus Covid-19 yang selalu meningkat setiap harinya memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan. Pandemi Covid-19 memaksa pemerintah untuk membuat kebijakan baru mengenai model pembelajaran. Oleh karena itu, pemerintah, guru, orang tua, dan siswa harus bekerja sama dalam menjalankan model pembelajaran yang baru selama masa pandemi ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan referensi data yang berasal dari dosen-dosen di STAI La Tansa Mashiro, Banten dan Universitas Islam Sultan Agung, Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri referensi-referensi tertulis yang berasal dari hasil penelitian sebelumnya, jurnal, buku, dan didukung pembicaraan dari dosen-dosen STAI La Tansa Mashiro, Banten dan Universitas Islam Sultan Agung, Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi model pembelajaran adalah solusi agar pendidikan dan pengajaran selama pandemi Covid-19 ini dapat berjalan secara efektif. Inovasi model pembelajaran tersebut diantaranya mobile learning: Pembelajaran yang mengadopsi perkembangan teknologi seluler dan perangkan handphone yang dimanfaatkan sebgai sebuah media pembelajaran dan juga blended learning: kombinasi antara pembelajaran secara fisik di kelas bagi sebagian siswa dan pembelajaran jarak jauh bagi yang lainnya dalam satu waktu dibawah pengawasan guru pengajar. Dengan adanya inovasi model pembelajaran ini, diharapkan jalannya pendidikan dan pengajaran menjadi semakin efektif bagi guru dan siswa selama pandemi Covid-19 maupun setelah berakhirnya pandemi ini.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.