PENANAMAN PENDIDIKAN SOSIAL FINANSIAL PADA ANAK USIA DINI MELALUI AKTIVITAS BERMAIN PERAN

Zakaria Zakaria, Ma’rufatun Ma’rufatun

Abstract


Pembelajaran pada anak usia dini lebih menekankan pada aktivitas bermain sambil belajar agar menunjang kemampuannya dalam bereksplorasi yang dapat membentuk karakter kreatif dan inovatif. Belajar sambil bermain dapat diterapkan melalui aktivitas bermain peran. Dengan bermain peran siswa akan memerankan sebuah tokoh dalam sebuah cerita seperti kegiatan bersama keluarga, aktivitas jual beli, kedokteran, pertukangan, dan kegiatan yang dilakukan di pasar maupun di bank. Siswa akan mendapatkan pengalaman baru dengan memerankan sebuah tokoh dalam cerita tersebut. Dengan demikian dapat menanamkan pendidikan sosial finansial bagi anak usia dini agar dapat belajar menumbuhkan sikap mengelola keuangan pribadi dan bertanggung jawab dengan lingkungan sekitarnya sehingga nantinya akan melatih anak untuk dapat mengelola keuangan sejak dini. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dengan aktivitas bermain peran dapat menanamkan pendidikan sosial finansial bagi anak usia dini. Penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara kemudian dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan bagaimana penanaman pendidikan sosial finansial melalui aktivitas bermain peran pada anak usia dini. Selain itu data pendukung berupa artikel dari jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi, buku teks, serta peraturan-peraturan mengenai pendidikan sosial finansial pada anak usia dini dianalisis secara kritis. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.