ANALISIS KEGIATAN PENUNJANG MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN PENGANTAR BAHASA ARAB DAN INGGRIS (STUDI KASUS PENGALAMAN DI PONDOK MODERN BAITUSSALAM)

Cecep Sobar Rochmat, Andi Tryawan, Chindy Chintya Cahya

Abstract


Pondok pesantren yang telah terbukti berhasil melahirkan alumni yang mahir berbahasa Arab dan Inggris adalah Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). PMDG memiliki peraturan yang ketat dalam segala aspek kegiatan santrinya. Melihat keberhasilan PMDG dalam mendidik santrinya, beberapa pondok alumni Gontor juga telah mengadopsi sistem yang ada di PMDG. Salah satunya adalah pondok modern Baitussalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kegiatan penunjang apa saja yang mampu meningkatkan santri dalam memahami materi Pendidikan Agama Islam yang menggunakan bahasa arab dan Inggris, Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan model penelitian lapangan (field reseach), Hasil penelitian ini adalah bahwa dalam menertibkan santrinya dalam berbahasa, PM Baitussalam menerapkan sistem Jasus (mata-mata), selain itu untuk mengembangkan bahasa Arab dan Inggris santrinya, Baitussalam menerapkan program penambahan kosakata melalui kegiatan Mufrodat (Vocabulary), Muhadatsah (percakapan), serta Muhadhoroh (latihan podato berbahasa). Seluruh program tersebut bertujuan untuk menunjang kemampuan santri dalam berbahasa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.