EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TARIKH ISLAM DI PONDOK MODERN DARUL AL-RIDWAN BANYUWANGI
Abstract
Tarikh Islam merupakan materi wajib karena didalamnya mengandung sejarah-sejarah Islam baik sebelum atau sesudah datangnya Nabi Muhammad SAW. Namun, kelas 1 di Pondok Darul Al-Ridwan Banyuwangi dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensial masih menunjukkan bahwa hasil belajar siswi pada mata pelajaran tarikh islam belum mencapai hasil yang maksimal. Sehingga, peneliti memilih strategi ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, dengan meneliti efektifitas strategi pembelajaran Crossword Puzzle terhadap hasil belajar kelas 1 di Pondok Darul Al-Ridwan Banyuwangi pada materi pelajaran tarikh Islam. Strategi pembelajaran Crossword Puzzle adalah strategi untuk peninjauan kembali pelajaran atau mereview kembali pembelajaran dalam bentuk Crossword Puzzle atau teka-teki silang yang mengundang minat dan partisipasi peserta didik. Tujuan penelitian ini mengetahui bagaimana hasil belajar dengan menggunakan Crossword Puzzle. Mengetahui efektifitas strategi pembelajaran Crossword Puzzle terhadap hasil belajar mata pelajaran tarikh islam kelas 1 di Pondok Darul Al-Ridwan Banyuwangi tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif-eksperimen dengan pendekatan Post Test Only Control Group Design. Analisis data menggunakan u-test atau uji Mann Whitney dengan bantuan SPPS 23. Adapun hasilnya sebagai berikut: a. nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen adalah 8,7, sedangkan nilai rata-rata kelas control diperoleh 7,1, b.uji hipotesis dengan menggunakan u-test atau uji Mann Whitney dengan nilai sig. (2-tailed) 0.000 lebih kecil dari 0.05 dengan demikian disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Crossword Puzzle memiliki efektivitas terhadap hasil belajar tarikh islam kelas 1 di Pondok Darul Al-Ridwan Banyuwangi 2021/2022. Dari penelitian tersebut, peneliti berpendapat bahwa penggunaan strategi pembelajaran Crossword Puzzle sangat penting bagi peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar.
Â
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.