METODE BISEKSI MENGGUNAKAN GUI MATLAB: SEBUAH SIMULASI DAN SOLUSI PERSAMAAN NON-LINIER

Qisty Suryasaumi Akmala, Nadia Ekaswati, Syaharudidin Syaharudidin, Malik Ibrahim, Vera Mandailina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program aplikasi berbasis GUI Matlab untuk penyelesaian persamaan non linier dengan metode biseksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiangajaran dan Semmel. Validator dalam penelitian ini ada 2 orang ahli yakni bidang media dan pemrograman komputer. Subjek penelitian terdiri dari 10 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penilaian tim ahli sebesar 3,12 yang berarti “cukup validâ€, kemudian rata-rata mahasiswa memberikan respon sebesar 93,33% yang berarti aplikasi yang sedang dikembangkan berkategori “sangat baikâ€.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.