ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR
Abstract
Matematika adalah suatu ilmu tentang bilangan dan menganalisis sifat-sifat besaran berdasarkan angka, pengukuran seperti aritmatika, aljabar, geometri, dan perhitungan-perhitungan dalam kehidupan manusia. Berdasarkan hasil observasi, skor ulangan siswa kelas 5 SDN Tawangrejo cenderung kurang bagus, banyak siswa yang kurang mampu memahami rumus matematika, kurang mampu dalam mengaplikasikan rumus matematika dalam menyelesaikan soal-soal matematika, dan belum bisa menjawab soal matematika yang berupa soal cerita dengan kategori soal sedang dan sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kemampuan literasi matematika pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 01 Tawangrejo, Kota Madiun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes tulis, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa siswa kelas 5 di SDN 01 Tawangrejo memiliki kemampuan literasi matematika level tiga dengan indikator siswa dapat menerapkan prosedur secara berurutan, ketepatan dalam penggunaan strategi dan kemampuan mengokumikasikan hasil pekerjaan yang disertai alasan. Faktor yang mempengaruhi ketidakcapaian indikator literasi matematika level tiga adalah siswa merasa tidak pernah menjumpai soal yang diberikan, kesalahan dalam menentukan rumus, kesalahan dalam menghitung, dan siswa tidak dapat memahami kalimat dan pertanyaan pada soal.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.