Praktik pengalaman lapangan: Laboratorium pengembangan kompetensi calon guru kimia berbasis lesson study

Yohanita Nirmalasari, Felisia Hasriyanti Arut, Katarina Barek Geroda, Maria Jenia Dadu

Abstract


In chemistry learning process, the dual role of the teacher is to transfer knowledge of chemistry and educate students. Therefore, it needs to be equipped with abilities called competencies. There are four references to teacher competencies, namely pedagogical, professional, personal and social competencies. The integrity of competence is not only achieved theoretically but must be trained directly through practical field experience (PPL) as a laboratory based on lesson study. The achievement of developing the theory and practice of the competency of chemistry teacher candidates is discussed in this scientific article as the purpose of writing. The research method uses a goal-oriented evaluation approach to measure the competence of student as prospective chemistry teacher through PPL. The research object is the students of SMA Seminary BSB, SMA Negeri 1 and SMAK John Paul Maumere. The data analysis is qualitative descriptive. The results obtained are the prospective chemistry teacher students can carry out several school activities both academically and non-academically by applying certain competencies and even several teacher competencies simultaneously. Thus, through PPL with lesson study method, teacher competency development can be carried out effectively and holistically. Chemistry teacher candidates practice to complement their abilities to become teachers in the future.

 

Dalam proses pembelajaran kimia, peran ganda guru adalah mentranfer pengetahuan kimia dan mendidik siswa. Oleh karena itu, perlu dibekali dengan kemampuan yang disebut dengan kompetensi. Rujukan kompetensi guru ada empat, yakni kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Keutuhan kompetensi tidak hanya dicapai secara teoritis melainkan harus dilatih secara langsung melalui praktik pengalaman lapangan (PPL) sebagai laboratorium pembelajaran berbasis lesson study. Capaian pengembangan teori dan praktik kompetensi calon guru kimia dibahas dalam artikel ilmiah ini sebagai tujuan penulisannya. Metode penelitian menggunakan pendekatan evaluasi berorientasi tujuan untuk mengukur kompetensi mahasiswa calon guru kimia melalui PPL. Objek penelitian adalah siswa SMA Seminari BSB, SMA Negeri 1 dan SMAK John Paul Maumere. Analisis data, yakni deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh, antara lain mahasiswa calon guru kimia dapat menjalankan beberapa kegiatan sekolah baik akademik maupun non akademik dengan menerapkan kompetensi tertentu bahkan beberapa kompetensi guru secara bersamaan. Dengan demikian, melalui PPL dengan pola lesson study, pengembangan kompetensi guru dapat terlaksana secara efektif dan holistik. Mahasiswa calon guru kimia berlatih melengkapi kemampuan diri dalam menjadi guru di masa depan.

 


Full Text:

PDF

References


Agoestanto, A., Kurniasih, A.W., Zahid, M.Z., & Mulyono, 2017, ‘Peningkatan Profesionalisme Dosen dengan Pendekatan Lesson Study untuk Mata Kuliah Telaah Kurikulum Matematika 1’, Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3)-299-307.

Arifin, & Uli, A.G., 2016, Lesson Study: Peningkatan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Kota Tarakan, 2(3), 185-203.

Dasmo, & Sumaryati T, 2014, ‘Peran Guru Pamong dan Dosen Pembimbing terhadap Keberhasilan PPL Mahasiswa’, Jurnal Formatif, 4(1), 56-64.

Fathorrahman, 2017, ‘Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan Kompetensi Sosial Dosen’, Akademika, 15(1), 1-6.

Herawati, R,F., Sri, M., & Tri, R., 2013, Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi ditinjau dari Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012, Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 38-43.

Kemendiknas, 2003, Undang-Undang No.20 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kemendiknas, 2007, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Mulyana A. Z, 2010, Rahasia menjadi Guru Hebat. Surabaya: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Mulyatun, 2017, ‘Lesson Study: Strategi Alternatif Peningkatan Kompetensi Calon Guru Kimia’, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(1), 1816-1827.

Ni’mah, F.U., & Nina, O., 2014, ‘Pengaruh Minat Profesi Guru, Locus of Control Internal, Peran Guru Pamong dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Mahasiswa menjadi Guru pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang’, 3(2)-336-342.

Nurkholis, 2013, ‘Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi’, Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44.

Novalinda, R., Ambyar & Rizal, F, 2020, ‘Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented’, Jurnal pendidikan, 18(1), 137-146.

Ohoiner, O.E, 2016, ‘Hubungan Latar Belakang Pendidikan dan Persepsi Pemanfaatan Media Pembelajaran dengan Kompetensi Guru Fisika’, Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 43-53.

Ramaliya, 2018, ‘Pengembangan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran’. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 77-87.

Risdiany, H & Yusuf, T.H, 2021, ‘Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan di Indonesia’, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 817- 822.

Rusninahwiyah, Kuriniati, T., & Kurniawan, R.A., 2018, Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Kimia Berbasis Model Core Teaching Standards pada Mata Kuliah PPL 1 (Microteaching) Universitas Muhammadyah Pontianak, Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1), 109-122.

Saito, E., & Atencio, M., 2013, Conceptual Discussion Of Lesson Study From A Micropolitical Perspective: Implications For Teacher Development And Pupil Learning. Teaching and Teacher Education, 31, 87-95.

Somantri, D, 2021, ‘Abad 21 Pentingnya Kompetensi Guru’, Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(2), 188-195.

Sudin, A., 2017, Penilaian Guru Pamong terhadap Kemampuan Mahasiswa PPL dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran di SD, Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 29-42.

Syaida,U., Suyadi, B., & Mustika, A.H, 2018, Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di SMA Negri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2), 185-191.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.