IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DI KELAS IV AS-SALAM SDIT AL-GHAZALI PALANGKA RAYA

Mega Dwi Kaputri, Anisa Anjani, Desi Fitriani, Istiyati Mahmudah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode team teaching yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi yang dilakukan di kelas IV As-salam SDIT Al-Ghazali Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui teknik pengumpulan data berupa hasil observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, adapun tahapan-tahapan metode team teaching yang dilakukan adalah sebagai berikut: 1) Tahap perencanaan, yaitu proses pembagian tugas oleh tim guru dalam menyusun RPP, menentukan metode dan media pembelajaran, serta memperdalam isi materi pembelajaran sesuai dengan pembagian tugas masing-masing guru, 2) Tahap pelaksanaan, yaitu proses kegiatan pembelajaran yang diawali dengan kegiatan pembuka oleh guru yang bertugas untuk mengajar. Pada kegiatan inti, guru bekerja sama menerapkan metode team teaching dengan  pembagian tugas satu guru sebagai pengajar dan satu guru lainnya sebagai pengawas dan pembantu team, 3) Tahap Evaluasi yaitu proses evaluasi kepada guru dan siswa. Evaluasi guru dilakukan dengan memberikan kritik dan saran kepada masing-masing guru dalam team mengenai proses pengajaran. Evaluasi siswa dilakukan melalui tes sumatif dan formatif yang dibuat oleh masing-masing guru sesuai materi yang diajarkan.

Full Text:

PDF

References


Ardhianto, Roy, 2015, “Efektivitas Penerapan Strategi Team Teaching dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Al-Amanah. (Studi Deskriptif Keefektifan Team Teaching pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Al-Amanah Bandungâ€. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Arkiang, Fajeri dan Rabiatun Adwiah, 2020, “The Implementation Of Team Teaching Learning Method On Islamic Education Subject In Kupang Elementary Schoolâ€, Conciencia, 20(1), 66-76.

Damanik, Remika Yulia Sari dkk., 2018, “Penerapan Metode Team Teaching Dalam Pembelajaran Matematika Di SMA Kristen ABC Sukoharjo [The Implementation Of The Team Teaching Method In Learning Mathematics At Abc Christian High School In Sukoharjo]â€. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1 (2), 114 – 123.

Darmadi, 2017, “Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswaâ€, Yogyakarta: Deepublish.

Djohan Rochanda Wiradinata, “Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Melalui Team Teachingâ€, Edunomic, 68-81.

Fikr, Ahmad Zainul, 2019. “Analisis Penerapan Metode Team Teaching di Kelas 3 SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitungâ€. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta yang diselenggarakan pada bulan Oktober 2019.

Habibati, 2017, “Strategi Belajar Mengajarâ€, Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Hamlan, Hamlan, 2019, “Manajemen mutu peserta didik dalam upaya peningkatan prestasi di MTsN Barito Utaraâ€, Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

Komarina, Safitri dan Suyatno, 2021, “Implementasi Pengembangan Kreativitas Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah Bantul Kota Yogyakartaâ€, Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 154-170.

Kusrini, Eni Retno, 2019, “Identifikasi Hambatan Dan Solusi Penerapan Team Teaching Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran di Kelas I Sekolah Dasarâ€, Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Masriani dan Istikomah, 2020, “Urgensi Manajemen Kelas Pada Pendidikan Dasarâ€, Jurnal Mitra PGMI 6(2), 15.

Meutia, Nurul dan Siti Nabila Barus, 2021, “Implementasi Metode Team Teaching Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Kuala Simpangâ€, Pros. SemNas. Peningkatan Mutu Pendidikan, 2 (1), 92-96.

Priwantoro, Soffi Wisyanesti, 2021, “Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Matematika)â€, Yogyakarta: UAD Press.

Rosyada, Dede, 2017, “Madrasah Dan Profesionalisme Guru Dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam Di Era Otonomi Daerahâ€, Depok: Kencana.

Sari, Desi Maya dkk., 2019, “Strategi Guru Dalam Mengoptimalkan Pengelolaan Kelas Dalam Proses Pembelajaran di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 33/IX DESA Penyengat Olak Kabupaten Muaro Jambiâ€, Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Sukma, Oktapia Putri Ayu, 2017, “Peranan Guru Asisten dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Kecamatan Kembaran Banyumasâ€, Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.

Utami, Yuni Dwi. 2012, “Penerapan Team Teaching Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Islam Al-Ma’arif 01 Singosari Kabupaten Malangâ€, Skripsi, Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang.

Widiantoro, 2015, “Penerapan Metode Pembelajaran Team Teaching Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pembacaan Dan Pemahaman Gambar Teknik Siswa Kelas X KR 1 SMK Negeri 3 Yogyakartaâ€, S1 thesis, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Widodo, Sri Adi, 2013, “Implementasi Team Teaching Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Kelas X Se-Kota Yogyakarta Pada Materi Trigonometriâ€, Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 53-64.

Zaki, Ahmad, Diyan Yusri, 2020, “Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn di SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susuâ€, Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 7(2), 809-820.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.