Penilaian Tengah Semester Pembelajaran Tematik Berbasis Mata Pelajaran di MI Hidayatul Muhajirin Palangka Raya

Cindy Putri Maulfani, Erni Susanti, Erni Wahyu Hidayanti, Shafa Azkiya, Nurul Hikmah

Abstract


Tujuan Penelitian untuk mengetahui bagaimana prosedur penilaian tengah semester di MI Hidayatul Muhajirin untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penilaian tengah semeter di MI Hidayatul Muhajirin. Penelitian ini adalah penelitian qualitative deskriptif.  Sumber data pada penelitian ini adalah 5 orang yg terdiri dari mitra wakamad kurikulum dan 4 orang wali kelas yang terdiri dari wali kelas 3,4,5&6. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa prosedur dalam PTS di MI Hidayatul Muhajirin adalah kepala sekolah membentuk panitia PTS, kemudian menugaskan guru kelas untuk membuat soal PTS pembelajaran Tematik berdasarkan muatan mata pelajaran, kemudian mengumpulkan naskah soal kepada panitia PTS, setelah itu diserahkan kepada tim editor naskah soal untuk dikoreksi. Setelah tahapan ini dikembalikan lagi kepada guru pembuat soal untuk diperbaiki, setelah itu diserahkan kepada panitia PTS. Baru kemudian  dimasukan dalam google form dan di edarkan. Kelebihan dari PTS  pembelajaran Tematik berbasis mata pelajaran adalah mempermudah guru melakukan penilaian karena di raport pun masih menggunakan mata pelajaran. Sedangkan kelemahan nya adalah guru harus memilah dan memilih dulu permata pelajaran di setiap tema untuk membuat soal baru kemudian di kumpulkan dalam satu naskah soal mata pelajaran.

Full Text:

PDF

References


Rahmat, Pupu Saeful. 2018. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusumawati, Naniek & Vivi Rulviana. 2017. Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar. Magetan: CV. AE MEDIA GRAVIKA.

Ginanjar Abdurrahman. 2016. Clustering Data Ujian Tengah Semester (UTS) Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means, JUSTINDO,Jurnal Sistem&Teknologi Informasi Indonesia, Vol.1, No. 2.

Kunaini, Akhmad. 2017. Penilaian Pembelajaran Tematik di Madrasah, Jurnal Pedagogik, Vol. 04, No. 2, (147).

Setiadi, Hari. 2016. Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 20, No. 2, (166-178).

Prasetyo, Teguh. 2017. Pengembangan Perangkat Penilaian Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasi, 5 (1), 102-111.

Kunaini, Akhmad. 2017. Penilaian Pembelajaran Tematik di Madrasah. Jurnal Pedagogik, Vol. 04, No. 02.

Hidayah, Nurul. 2015. Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 2 No. 1.

Lubis, Maulana Arafat dan Nashran Azizan. 2020. Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta:KENCANA

Kusumawati, Naniek dan Vivi Rulviana. 2017. Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar. Magetan :CV. AE Media Grafika

Nugraha, Mohammad Fahmi, dkk. 2020. Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tasikmalaya:Edu Publisher

Prastowo, Andi. 2015. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: Kencana.

Yubali, Ani. 2013. Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013. Seminar Nasional Implementasi Kurikulum (742-749).

Setiawati, Yulia dan Siti Fatonah. 2020. Analitis Higher Order Thingking Skills Pada Soal Penilaian Tengah Semester Tematik MI Kabupaten Sleman, Jurnal Pendidikan: Rise & Konseptual, Vol.4, No.03.

Nasution, Raisah Armayanti. 2019. Implementasi Pembelajaran Tematik dengan Tema Diri Sendiri di TK A PAUD Khairin Kids Medan Tembung. Raudhah, Vol. 07, No. 01.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.