Analisis Keterampilan Komunikasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Fisika

Fadhilatul Husnah, Maison Maison, Dwi Agus Kurniawan, Ully Af Idah

Abstract


Kemampuan komunikasi merupakan bakat yang harus dimiliki siswa karena komunikasi merupakan komponen yang sangat penting dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap rendahnya kemampuan komunikasi siswa pada mata pelajaran fisika. Pengamatan ini menggunakan teknik penelitian  kualitatif dengan studi pustaka yang mengkaji fakta-fakta yang bersifat deskriptif-analitis. Fakta-fakta pengamatan ini diperoleh dari wawancara guru yang telah dibandingkan dengan literatur. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa bentuk jigsaw versi pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi siswa dalam proses pembelajaran fisika.

Full Text:

PDF

References


Astalini, Kurniawan, D. A., & Sumaryanti. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 59. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i2.694

Aththibby, A. R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik Bahasan Usaha Dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2). https://doi.org/10.24127/jpf.v3i2.238

Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). KESULITAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA SISWA SMA. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya, 5(620), 343–344. https://doi.org/10.1136/pgmj.53.620.343

Budiawan, M., & Arsani, N. L. K. A. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU FISIOLOGI OLAHRAGA. Educational Researcher, 2(1), 451–464. https://doi.org/10.3102/0013189X18785613

Erina, R., & Kuswanto, H. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN InSTAD TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA DI SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191–202. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/8561/9022

Handayani, S., Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240–2246. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1109

Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.33627/sm.v4i1.355

Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verbal Dan Nonverbal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2).

Lanani, K. (2013). Belajar Berkomunikasi Dan Komunikasi Untuk Belajar Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal LIlmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 13. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.21

Maison, Astalini, Kurniawan, D. A., & Sholihah, L. R. (2018). Deskripsi Sikap Siswa Sma Negeri Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Eduasains, 10(1), 160–167. https://core.ac.uk/download/pdf/294894286.pdf

Nasution, M. K. M. (2017). Penelaahan Literatur. Research Gate, December 2017, 7.

Nurdin, I., Hartati, S.(2019). Metode Penelitian Sosial. Surabaya : Media Sahabat Cendekia.

Nurfitriyanti, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 153–162. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2229

Pareken, M., Patandean, A. J., & Palloan, P. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Fenomena terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 11(3), 214–221.

Pratama, H., Sarwanto, & Cari. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika Smp Kelas IX Berbasis Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Pada Materi Gerakan Bumi dan Bulan Yang Terintegrasi Budaya Jawa. Jurnal Inkuiri, 4(I), 11–20. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/4942.

Sambada, D. (2012). Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), 37–47.

Samudra, Bandem, G., Suastra, I. W., & Suma, K. (2014). Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Siswa SMA Di Kota Singaraja Dalam Mempelajari Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Sari, S. R., & Fitraini, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 182. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5750

Sulastri, Y., & Rochintaniawati, D. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMPN 2 CIMALAKA. 13(1).

Supardi, U, S., Leonard, Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Syarifuddin, A. (2011). Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran. Ta’dib : Journal of Islamic Education, 16(02), 209–226. https://doi.org/10.19109/tjie.v16i02.61

Tanti, Jamaluddin, & Syefrinando, B. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Beliefs Siswa tentang Fisika dan Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 23–36. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.603

Vanalita, M., Jalmo, T., & Marpaung, R. R. T. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Lisan Dan Hasil Belajar Siswa. 1–17.

Wisman, Y. (2017). KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Jurnal Nomosleca, 3(2), 646–654.

yusuf, M. (2014). METODE PENELITIAN : KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN PENELITIAN GABUNGAN. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.